Angka kematian Ibu dan Bayi di NTB

Usaha pemerintah Provinsi NTB untuk menekan angka kematian ibu dan bayi masih cukup berat,sebab hingga kini angka kematian ibu dan bayi di daerah ini masih sangat tinggi. Data tahun 2009 menyebutkan, jumlah kematian bayi menembus angka 545 orang. Sedangkan untuk kematian ibu saat melahirkan berjumlah 121 orang dari 93.281 proses melahirkan.

Data tersebut dibeberkan oleh Kepala Bappeda NTB H Rosiady Sayuti. Menurutnya angka kematian bayi ini sebenarnya turun jika dibandingkan dengan tahun 2006 lalu. Saat itu jumlah ibu yang meninggal mencapai 360 orang dari 100.000 proses melahirkan. “ Atau rata-rata 72 orang per seribu proses melahirkan,” jelasnya.

Meski begitu, Pemprov. NTB katanya tetap akan berusaha untuk mengejar rata-rata angka kematian ibu dan bayi nasional yang hanya 42 orang meninggal per 1.000 proses melahirkan.Menurutnya keinginan itu memperlihatkan titik terang seiring berbagai langkah yang telah dilakukan pemerintah. ”Sekarang melahirkan kan gratis, jadi semoga ini bisa menekan angka kematian ibu dan bayi,” ucapnya.

Saat ini alokasi dana APBD untuk bidang kesehatan juga cukup tinggi, yaitu sekitar 14,6 %. ”Tapi tentu niat kami ini hanya bisa terlaksana jika ada bantuan dari masyarakat,” ungkapnya. Dia mengatakan angka kesehatan di NTB bila dilihat dari rata-rata nasional masih sangat rendah, karena itu perlu digenjot lagi, sehingga dalam dua atau tiga tahun ke depan, NTB sudah bisa berada di papan tengah ranking kesehatan masyarakat secara nasional.”Kita akan terus berupaya untuk mencapai itu” janji Rosiady

About these ads

3 Tanggapan so far »

  1. 1

    Nia Sofia berkata,

    bisa gk data AKB diRSUP NTB juga di tag..?

    Maaf kami belum punya datanya… SW

  2. 3

    puji berkata,

    maaf bisa gag di tag angka kematian perinatal yang khususX ttg IUFD tahun 2009 sampai 2011,,,mksh


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: