Mi instan

Selain murah dan cepat untuk dimasak, mi instan juga hadir dengan berbagai pilihan rasa yang lezat. Tak heran, mi instan dengan mudah merebut hati banyak kalangan sebagai makanan yang enak dan juga murah.

Sayangnya, di balik kelezatan mi instan terdapat kandungan bahan yang kurang baik bagi kesehatan. Livestrong’s My Plate mencatat bahwa rata-rata satu bungkus mi instan mengandung minimal 32 persen kebutuhan sodium bagi orang dewasa. Berlawanan dengan kandungan sodium yang tinggi, satu bungkus mi instan ‘hanya’ memenuhi 10 persen kebutuhan protein dan delapan persen kebutuhan karbohidrat dari orang dewasa.

Untuk menyiasati dampak kurang baik dari mi instan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat mi instan menjadi sedikit lebih sehat. Berikut ini ialah tiga cara untuk menyajikan mi instan dengan lebih sehat seperti dilansir Livestrong.

Cara mengurangi kandungan sodium

Untuk menyajikan mi instan dengan kadar sodium yang rendah, buang bumbu mi instan kemasan Anda dan racik sendiri bumbu mi instan dengan rempah-rempah yang segar. Untuk lebih membangkitkan rasa, Anda dapat merebus mi instan dalam air yang telah dicampurkan dengan potongan bawang putih.

Anda pun bisa merebus mi instan Anda dalam air yang telah diberi kaldu rendah sodium atau pun kaldu asli dari daging. Saring dan masukkan mi ke dalam mangkuk dengan racikan rempah-rempah yang dibuat. Atau bisa juga mengkreasikan mi instan dengan saus marinara dan keju ala spaghetti.

Cara menambah mineral dan vitamin

Rebus mi instan dengan air putih yang telah dicampur dengan rempah dan bawang putih. Anda pun bisa langsung merebus mi instan di dalam air kaldu.  Sesaat sebelum mi instan matang, tambahkan potongan bayam atau pun bok choy untuk menambah nutrisi pada sajian mi instan. Rebus hingga sayuran menjadi sedikit layu.

Cara menambah protein

Rebus mi instan dalam air kaldu sesuai selera kemudian saring dan diamkan. Setelahnya, tambahkan protein dari potongan udang, ayam, tuna atau pun salmon yang telah dimasak pada mi instan. Olah kembali mi instan dan protein pilihan Anda dengan mencampurkan daun bawang cincang, brokoli kukus, minyak zaitun serta bumbu italia yang biasa digunakan untuk pasta salad dingin lalu sajikan.

http://u.msn.com/id-id/kesehatan/healthyliving/ini-3-cara-mengubah-mi-instan-jadi-lebih-sehat