ASI Vs Susu Formula

img
Ibu akan mengalami dilema ketika harus dihadapkan pada pilihan memberikan ASI atau susu formula. Meski pemberian ASI masih yang terbaik, namun banyak kendala yang membuat pemberian ASI pada bayi tidak maksimal.

Banyak kasus di rumah sakit ketika bayi lahir buru-buru diberi susu formula oleh perawatnya tanpa setahu orang tuanya. Meski banyak kejadian ini, tapi kasus seperti itu tetap bersembunyi di bawah karpet.

Namun tidak ada yang membantah susu formula adalah makanan tambahan untuk bayi selain ASI. Meski orang tua harus menyiapkan dana tidak sedikit untuk menyediakan susu formula.

Memilih apakah akan menyusui atau memberikan susu formula adalah salah satu keputusan yang harus diambil oleh orang tua. Meskipun tidak ada pilihan benar atau salah, namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan menyusui sebagai pilihan terbaik untuk bayi. Bayi harus diberikan ASI eksklusif untuk 6 bulan pertama.

Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi yang ideal untuk bayi yang baru lahir, tapi untuk ibu-ibu yang tidak dapat menyusui atau memutuskan untuk tidak menyusui, susu formula bayi adalah alternatif yang baik.

Jika menggunakan susu formula pastikah bahwa gizi bayi tersebut telah terpenuhi. Dan ibu masih masih memiliki ikatan dengan bayinya. Pilihan yang diambil apakah dengan air susu ibu atau susu formula, waktu pemberian makan pada bayi adalah saat yang penting untuk membina ikatan yang kuat antara ibu dan bayinya.

Berikut plus minus dari ASI dan susu formula seperti dilansir dari MSNhealth, Kamis (23/7/2009):

Keuntungan ASI
Ada banyak keuntungan yang bisa diambil jika ibu memberikan ASI pada bayinya, diantaranya adalah dapat meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayinya. Selain itu ASI juga bisa melindungi bayi dari alergi, asma, diabetes, obesitas dan sudden infant death syndrome (SIDS).

ASI mengandung komponen laktosa, protein, dan lemak yang mudah dicerna oleh system pencernaan bayi yang baru lahir. ASI juga mengandung semua komponen alami vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh bayi. Selain itu, ASI membuat orang tua berhemat karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli susu.

Keuntungan lainnya adalah bayi yang mengkonsumsi ASI selama 6 bulan pertama memiliki tingkat IQ 5-10 kali lebih tinggi dibanding bayi yang tidak mengkonsumsi ASI. Kontak kulit antara ibu dan bayi bisa meningkatkan emosional antara keduanya, dan ASI juga memberikan keuntungan untuk sang ibu, karena bisa membakar kalori ibu dan menurunkan risiko kanker payudara setelah menopaouse nanti.

Tantangan menggunakan ASI
Umumnya ibu yang pertama kali menyusui akan merasa tidak nyaman saat menyusui bayinya, sehingga dibutuhkan teknik khusus untuk membuatnya merasa nyaman.

Bayi akan lebih sering menyusui ASI dibandingkan dengan susu formula, ini karena ASI lebih cepat dicerna oleh tubuh bayi sehingga bayi akan cepat pula merasa lapar, sehingga tidak ada jam khusus untuk bayi menyusui ASI. Dan ibu yang memberikan ASI harus menjaga pola makannya termasuk tidak boleh mengkonsumsi kafein berlebih dan membatasi penggunaan obat-obatan jika sang ibu sakit.

Keuntungan Susu Formula
Ibu yang memberikan susu formula pada bayinya akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk beraktifitas di luar seperti bekerja, sehingga ibu bisa tetap bekerja namun tidak melupakan bayinya. Ibu tidak perlu khawatir tentang makanan atau apapun yang dikonsumsinya, karena tidak akan berpengaruh dengan sang bayi.

Susu formula lebih lama dicerna oleh tubuh bayi karena komponen yang terkandung di dalamnya lebih kompleks, sehingga waktu pemberian susu formula lebih sedikit dibandingkan dengan ASI.

Tantangan Susu Formula
Botol yang digunakan dalam pemberian susu formula harus higienis dan disteril lebih dahulu untuk menghindari infeksi bakteri ataupun virus, sehingga penyiapannya lebih repot. Antibodi yang terdapat disusu formula tidak selengkap ASI, sehingga bayi akan kekurangan beberapa antibodi. Selain itu orang tua juga harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli susu formula, serta harus dicari susu formula yang cocok untuk bayinya sehingga tidak menimbulkan alergi.

Setiap orang tua berhak menentukan apa yang akan dipilih untuk bayinya, tapi selama ibu tidak mempunyai masalah dengan ASI, tidak ada salahnya untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya selama 6 bulan pertama. Kecuali jika sang ibu ada masalah pada ASI-nya atau memiliki penyakit tertentu yang bisa membahayakan bayinya.

http://health.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: