Seminar dan Lokakarya Gizi

panitia

Pada tanggal 29 September 2009 telah dilaksanakan kegiatan seminar dan lokakarya di BPTKM/Bapelkes Mataram.  Hari berikutnya tanggal 30 September 2009 diadakan sharing dengan pihak-pihak yang terlibat di dalam peningkatan gizi di NTB. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara SEAMEO Tropmed dengan DPD Persagi NTB. Materi yang disampaikan dapat diunduh (download) pada Link berikut ini

1.  Materi “Hasil Riskesdas 2007 di bidang Gizi (Silakan download klik di sini)

2.  Materi seminar “Potensi Lokal untuk …”  (silakan download klik di sini)

3.   Materi “Nutrisurvey for Windows” (silakan download  klik di sini)

4. Materi “Dietary Assesment Updates” (Silakan download klik di sini)

Kegiatan diikuti lebih dari 100 orang peserta yang berasal dari lintas sektoral (stakeholder) dan mahasiswa Poltekkes Mataram Jurusan Gizi Mataram. Bagi mahasiswa seminar ini menjadi salah satu bagian dari perkuliahan khususnya pada MK Iptek Gizi di Semester V. Tak ketinggalan pula mahasiswa D IV Gizi juga ikut meramaikan acara, walaupun mereka telah disibukkan dengan berbagai macam rangkaian perkuliahan dan penyelesaian skripsi.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Kesehatan Prov. NTB (dr. Moh Ismail) yang sekaligus berkenan membuka acara seminar. Dari RSU Mataram hadir pula Direkturnya (dr. Agus Wijaya, MHA) yang bertahan mengikuti kegiatan seminar hingga berakhirnya acara. Beberapa foto  kegiatan seminar dapat dilihat pada slide berikut:

Setelah penyampaian materi oleh Ketua Persagi NTB (Khaerul Anwar, SKM, M.Kes) tentang Riskesdas bidang Gizi tahun 2007 dilanjutkan dengan materi oleh DR. Ir. Umi Fahmida, M.Sc yang memaparkan tentang potensi lokal yang bisa dikembangkan di NTB dalam upaya menangani masalah gizi balita maupun ibunya. Doktor yang bersuamikan orang Pringgabaya (Lotim) ini menjelaskan panjang lebar. Kebetulan ibu ini mengambil penelitian Doktoralnya tentang potensi lokal di Lombok.

Banyak pertanyaan diajukan oleh peserta seminar diantaranya dari BPS NTB, Depag Mataram, DKP, mahasiswa dan lain lain. Ada 3 sesi yang dibuka oleh moderator (Taufiqurrahman, SKM, MPH) dengan masing-masing terdiri atas 3 orang penanya.  Setelah acara ishoma (istirahat sholat dan makan) dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan software Nutrisurvey dan Anthro oleh instruktur dari Jakarta (Otte Santika) dan berakhir pukul 16.00 WITA.

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    Agus Suhanto said,

    nuhun u atas tulisannya yg bagus…
    kenalkan sy Agus Suhanto

  2. 2

    Amalia said,

    Sangat menarik..


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: