Bakti Sosial di Lombok Timur

bumil

Baksos Lotim

Poltekkes Depkes Mataram pada tanggal 5 Desember 2009 telah melakukan kegiatan bakti sosial melalui Ka Unit Litbangmas  (AASP Chandradewi, SKM, M.Kes dkk) dan memulai kiprahnya di bidang pengabdian kepada masyarakat. Ini adalah sebagai langkah nyata dalam upaya mewujudakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan poltekkes yang memang biasanya dilakukan di beberapa daerah binaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kecamatan Keruak, Lombok Timur dan dipusatkan di kantor camat setempat. Dipilihnya Kecamatan Keruak dengan pertimbangan bahwa kecamatan ini masih tercatat sebagai salah satu daerah yang memiliki ibu hamil yang banyak menderita anemia dan ibu hamil yang Kekurangan Energi Kronis ( KEK).  Jumlahnya mencapai 4,5 % (anemia) dan 6% (KEK) dari jumlah 1.022 ibu hamil yang terada di Puskesmas Keruak.

Jumlah pasien ibu hamil yang mengikuti kegiatan ini hampir mencapai 100 orang dan melebihi target yang telah ditetapkan.  Pihak Dikes Lombok Timur, Puskesmas Keruak, 8 mahasiswa  poltekkes dan 8 dosen termasuk seorang dokter penanggung jawab, turut serta dalam kegiatan dimaksud. Tim dari poltekkes juga mengadakan demonstrasi teknologi tepat guna dalam pengembangan makanan berbahan dasar rumput laut, tepung jagung, kacang kedelai dan kacang hijau yang merupakan komoditi yang cukup melimpah di daerah ini. Makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang menderita anemia, KEK maupun ibu hamil yang sehat.

Kegiatan serupa dilanjutkan pula  di Desa Sukaraja yang merupakan daerah binaan dari Dinkes Prov NTB.  Jenis pelayanan yang diberikan sama dengan yang diberikan di Kecamatan Keruak, namun sasaran kegiatannya lebih difokuskan pada balita saja. Materi  utama yang disampaikan terutama bagaimana peningkatan bagi pengetahuan ibu mengenai Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI). SW

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: