Potensi Daun Kelor di NTB

Fifi

Fifi Luthfiyah, SST

Pohon kelor merupakan salah satu tanaman yang bermanfaat di daerah tropis. Daun kelor bisa menjadi sumber zat gizi untuk semua kelompok umur. Di beberapa belahan dunia misalnya Senegal dan Haiti, daun kelor diberikan untuk mengatasi masalah gizi buruk pada anak-anak, wanita hamil dan menyusui.(Price,1985). Daun kelor sebagai sumber vitamin dan mineral dapat dikonsumsi dengan cara dimasak, atau dimakan mentah atau dikeringkan menjadi tepung daun kelor. Fuglie (2005) melaporkan bahwa cukup dengan 8 g tepung daun kelor sehari dapat memberikan kontribusi zat gizi kepada balita (1-3 tahun), yaitu 14% protein, 40% kalsium, 23% besi dan hampir semua kebutuhan vitamin A.Sedangkan dalam 100 gr bubuk tepung daun kelor, dapat memberikan lebih dari sepertiga kebutuhan kalsium, besi, protein, tembaga, beleran dan vitamin B wanita usia subur.

Di Afrika Barat seringkali sangat sulit memperkenalkan makanan baru bagi masyarakatnya, tetapi Kelor merupakan jenis bahan makanan yang dapat disukai dan dijadikan bagian dari susunan menu diet masyarakat di Senegal. Hal ini membuktikan bahwa kelor merupakan bahan makanan yang mudah diterima dan memberikan manfaat besar bagi kesehatan.(Price,1985)

Daun kelor

Daun kelor

Di Indonesia, terutama di Jawa Kelor sering dimanfaatkan hanya sebatas tanaman pagar. Sedangkan di Nusa Tenggara Barat masyarakat lebih mengenal dan memanfaatkan kelor sebatas daun kelor segar. Daun kelor segar lebih sering dijadikan alternatif sayuran dan diolah menjadi masakan apabila tidak ada lagi sayuran yang bisa dimakan. Bahkan pengolahan daun kelor yang lazim dilakukan hanya dimasak dengan air (direbus) dan ditambahkan dengan garam saja.

Biji kelor

Berdasarkan uji kadar zat gizi dalam daun kelor yang dianalisis dengan menggunakan metode standar dan layak diadaptkan hasil sebagai berikut :. Kandungan zat gizi tepung daun kelor lokal NTB per 100 gr bahan kering yaitu protein kasar adalah  26.59 gr serat kasar 10,59%, lemak kasar 3.17 gr,  kadar abu 7,6%,karbohidrat 53.5 gr dan nilai kalori 354,42 kalori. Analisis mineral dalam daun kelor dalam mg/100g bahan kering (DM) adalah  Ca : 34, Fe: 2.56, vitamin C: 78.62, Zn : 2.67 dan kadar vitamin A, beta karoten dan iodium 552.13 RE,539,02 ug dan 216 ppm. Hasil ini menunjukkan bahwa daun lokal NTB mengandung jumlah nutrisi yang cukup, yang dapat dimasukkan dalam diet untuk melengkapi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Ditulis oleh Fifi Luthfiyah, SST (Anggota DPD Persagi NTB/Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Mataram)

Artikel selengkapnya dapat di download/diunduh  di sini

7 Tanggapan so far »

  1. 1

    Mohammad Furqan said,

    setuju bu, asik kok n enak dimakan , di kecamatan wera, bima suka loh…

  2. 2

    Ayutha Wijinindyah said,

    saya sangat tertarik dengan artikel ibu. saya berencana menjadikan daun kelor sebagai penelitian untuk thesis saya (meskipun masih dalam rencana). terus terang, saya tidak terlalu tahu tentang daun kelor. masyarakat sekitar hanya mengaitkan tentang hal2 mistis. suatu hari saya membaca buku tentang daun kelor, dan ternyata memiliki banyak manfaat.
    apakah ibu memiliki referensi lain berkaitan dengan aplikasi daun kelor? mohon maaf, karena keterbatasan saya, dan terima kasih banyak atas jawaban ibu

    • 3

      fifi said,

      trims responnya. maaf br bisa balas setelah 1 tahun. Ayu kuliah di mana?? Kalau ingin lebih banyak diskusi, kontak saya : 08175707804.

  3. 4

    lenni said,

    saya juga suka sekali dgn sayur bening daun kelor yg bisa dikombinasikan dgn kacang hijau/ kcg panjang/kerang dll. menu ini saya tahu dari kampung ibu saya di makassar. sayang, dijakarta sdh susah mencari daun kelor. terimakasih untuk info kandungan gizi dari daun kelornya yaah bu, sangat bermanfaat.

  4. 5

    Mark Davin said,

    Saya berniat untuk membeli biji kelor apabila tersedia. Apabila tersedia, berapa harganya?


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: