Tanda Tubuh Butuh Suplemen

Kekurangan vitamin akan menimbulkan masalah jika terjadi dalam jangka panjang. Jika defisiensi vitamin ini berlangsung cukup lama, akan timbul penyakit defisiensi. Contoh mudah kasus penyakit kekurangan vitamin C adalah gusi berdarah.

Banyak di antara kita yang sebenarnya berada di dekat garis batas kekurangan vitamin B12. Contoh penyakit karena kekurangan vitamin ini adalah anemia yang bisa dideteksi lewat tes darah sederhana. Sebelum anemia ini muncul, kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan depresi, bingung dan gejala penyakit mental lain.

Berikut ini tanda-tanda Anda berada di garis batas kekurangan vitamin:

– Jarang makan sayur dan buah segar, padahal kedua makanan alami ini adalah sumber terbaik vitamin dan mineral.

– Dalam waktu cukup lama mengalami stres berat atau kelelahan karena sering kerja lembut. Dalam keadaan stres, tubuh kita sudah kekurangan vitamin. Ini diperparah dengan pola makan tidak sehat. Kekurangan vitamin jadi makin parah.

– Sakit bronkitis atau baru saja dioperasi. Pada saat seperti ini kita cenderung kehilangan selera makan. Dalam keadaan seperti ini kita butuh tambahan vitamin dan mineral untuk sehat kembali.

– Menderita penyakit kronis seperti asma dan diabetes. Kekurangan vitamin dan mineral bisa menyebabkan penyakit makin parah. Penderita asma cenderung kekurangan magnesium, sedangkan penderita diabetes cenderung kekurangan vitamin C.

Penyakit kronis mengubah cara kerja tubuh menyerap dan menggunakan vitamin dan mineral. Jadi perlu tambahan dari suplemen.

– Hamil dan menyusui. Dalam keadaan hamil dan menyusui, ibu perlu tambahan vitamin dan mineral untuk dibagi ke bayi.

– Menderita depresi. Ketika depresi, kita cenderung tidak makan dengan baik. Ini bisa memperparah depresi karena kekurangan vitamin dan mineral bisa menyebabkan depresi.

– Merokok. Sebab kebiasaan tidak sehat ini merampok semua asupan vitamin kita, terutama vitamin C.

http://health.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: