Waspada Jajanan Buka Puasa Berformalin

Hasil penelitian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menunjukkan, penyalahgunaan zat-zat berbahaya seperti formalin, boraks dan rhodamin-B masih juga ditemukan di masyarakat.  Dari pengawasan BPOM selama bulan suci Ramadhan 2011, bahan berbahaya tersebut disalahgunakan dalam proses pembuatan jajanan buka puasa.

“Kalau jajanan ini biasanya dibuat oleh ibu rumah tangga. Yang kami lakukan untuk home industry ini adalah pembinaan. Kalau masih ada, produknya juga dimusnahkan,” ujarnya.

Sedangkan bagi pelaku usaha yang terbukti melakukan pelanggaran, BPOM akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan dan juga pemberian sanksi administratif berupa pemusnahan produk serta tindakan penegakan hukum terhadap pelaku usaha yang mengedarkan produk pangan ilegal.

BPOM melakukan intensifikasi pengawasan produk pangan yang beredar selain melalui operasi rutin juga sebagai antisipasi banyaknya pangan beredar tidak memenuhi mutu akibat bulan puasa dan Lebaran.

Pengawasan dilakukan di sarana distribusi seperti toko, supermarket maupun hypermarket maupun penjual pangan jajanan buka puasa di pasar atau tepi jalan. Untuk pemeriksaan rutin selama Januari sampai Juli, BPOM telah memeriksa 2.429 sarana distribusi atau rata-rata 347 sarana per bulan.

Khusus menjelang Idul Fitri 2011, dilakukan peningkatan pemeriksaan pada 982 sarana distribusi, dan ditemukan 1.416 item (73.293 kemasan) pangan tidak memenuhi syarat dengan rincian pangan dalam keadaan rusak sebanyak 1,5 persen dari jumlah kemasan, pangan kedaluarsa 21 persen, pangan tanpa ijin edar (TIE) 48 persen dan pangan tidak memenuhi ketentuan (TMK) label 29,5 persen.

http://health.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: