Seminar Gizi dan MUSDA 2012

seminar

Ka Dikes dan Ketua Persagi

Dalam rangka menyambut Hari Gizi Nasional yang ke 60 tahun, DPD Persagi Prov NTB telah mengadakan seminar ilmiah  dengan tema ” Kendala Teknis pada Pemberian ASI Eksklusif” dengan nara sumber utama Konsultan ASI Kemenkes RI (dr. Hj Asti Praborini, Sp.A, IBCLC) yang berasal dari Jakarta. Acara yang  digelar pada Selasa 24 Januari 2012 tersebut berlangsung pada pukul 08.30- 11.30 WITA di BPTK (Bapelkes) Mataram Jalan Prabu Rangkasari Dasan Cermen Mataram.

Tampak hadir dalam Seminar tersebut Ka Dinas Kesehatan Prov. NTB (dr. H. Moh Ismail), Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (Hj. Siti Wathaniah, S.Pd, M.Biomed) dan beberapa undangan lainnya. Selain itu tampak hadir pula perwakilan dari DPC Persagi Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok barat serta dari mahasiswa dan dosen Jurusan Kebidanan dan Gizi Potekkes Kemenkes Mataram. Dalam sambutannya Ka. Dikes yang pernah bertugas di Puskesmas Sengkol selama 5 tahun tersebut menyampaikan beberapa data gizi yang telah dicapai oleh Dinas Kesehatan Prov NTB. Walaupun beberapa angka cakupan gizi di NTB belum begitu menggembirakan namun menurut dokter yang gemar olah raga tenis ini cukup bangga karena data yang dimiliki saat ini merupakan data yang lebih riil daripada data zaman orba terdahulu di mana datanya lebih cenderung dimanipulasi.

DSCN8278

Narasumber seminar

Setelah dibuka secara resmi oleh Ka. Dikes maka acara selanjutnya seminar dengan 2 orang pembicara yaitu yang pertama tentang “Refleksi HGN ke 60” oleh Kabid Binkesmas yang sekaligus juga merupakan Ketua DPD Persagi NTB (Khaerul Anwar, SKM, M.Kes).  Sedangkan penyaji kedua adalah tentang “Kendala Teknis pada Pemberian ASI Eksklusif” dengan nara sumber utama Konsultan ASI Kemenkes RI (dr. Hj Asti Praborini, Sp.A, IBCLC) yang berasal dari Jakarta. Banyak sekali hal-hal menarik yang disampaikannya baik dengan slide presentasi maupun video yang merupakan langkah-langkah (prosedur tetap/Protap) yang dilakukan dalam penanganan bayi dimana bayi tersebut seharusnya diberikan ASI terutama dari aspek medis. Begitu banyak pengalaman dokter spesialis anak ini selama menjadi konsultan ASI tingkat pusat dengan berbagai macam suka dukanya. Namun sayang penyajian yang begitu menarik dan memukau peserta tersebut sedikit terganggu dengan padamnya aliran listrik oleh PLN.  Sesuatu hal yang barangkali luput dari pengawasan dan tidak diprediksi sehingga panitia dibuat kelabakan karena tidak tersedia genset sebagai pengganti aliran listrik. Beruntung padamnya alitan listrik tidak berlangsung lama dan acara bisa dilanjutkan lagi. Begitu antusias sebagian besar peserta memperhatikan dan menyampaikan pertanyaan tentang materi yang dipaparkan. Sampai dengan pukul 12.00 WITA seminar yang dipandu Ibu Mustika Hidayati, SKM, M.Kes itupan usai.

peserta

Sebagian peserta MUSDA

Setelah jeda beberapa saat acara dilanjutkan dengan diselenggarakannya Musyawarah daerah (MUSDA) dengan agenda pertanggungjawaban pengurus Persagi lama dan pemilihan kepengurusan DPD Persagi NTB yang baru.  Acara MUSDA diawali dengan pemilihan ketua sidang yang secara aklamasi ditunjuk sdr. Solikin, SKM, MPH.  Setelah acara sidang dibuka dan dibacakan tata tertib sidang oleh ketua sidang maka sebagaimana yang tertuang dalam AD/ART Persagi segera dilaksanakan pemilihan ketua oleh pemegang hak suara. Di antaranya dari Dikes Prov. NTB 2 orang, RSU prov NTB 2 orang, Poltekkes 2 orang, perwakilan DPC Persagi Kab/Kota masing-masing 2 orang, Bappeda 1 orang dan BKP 1 orang. Berdasarkan hasil penjaringan aspirasi peserta Musda yang telah dibagikan pada saat menjelang MUSDA berupa angket maka terpilih 3 orang yang memperoleh suara terbanyak yaitu pertama Taufiq Hari Suryanto, SKM, yang kedua Mustika Hidayati, SKM, M.Kes dan yang ketiga Susilo Wirawan, SKM, MPH.

ketua baru

Ketua PERSAGI NTB baru

Selanjutnya sesuai tata tertib pemilihan maka ketua sidang menawarakan apakah pemilihan dilakukan dengan cara mufakat bulat (aklamasi) atau pemungutan suara (voting). Berdasarkan kesepakatan peserta akhirnya diputuskan untuk secara aklamasi ditetapkan Taufiq HS yang meraih suara terbanyak sebagai calon ketua Persagi NTB periode 2012-2015.  Selanjutnya masih menurut ketua sidang, ketua baru yang terpilih diharuskan segera menyusun kepengurusan baru untuk selanjutnya diusulkan ke DPP Persagi Pusat untuk ditetapkan dalam bentuk sebuah Surat Keputusan (SK) Sebagai rangkaian acara terakhir MUSDA ketua terpilih memberikan sambutan dan sepatah kata sebagai bentuk kesanggupan ketua baru dalam membawa arah organisasi gizi di NTB ini ke depan yang lebih baik.

 Selamat bekerja dan semoga sukses selalu bagi ketua baru  (Taufiq HS)….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: