Seminar, Mubes dan Reuni

undangan

Pudir III dan undangan

Dalam rangka mempererat tali silaturahmi bagi para lulusan Gizi Poltekkes Mataram maka kemarin Sabtu, 7 April 2012 diadakan acara yang baru pertama kali dilakukan oleh para alumni gizi berupa Seminar, Mubes I sekaligus dirangkaikan dengan reuni bagi para alumni. Kegiatan tersebut sekaligus sebagai upaya bagi para lulusan untuk menjalin kembali keakraban bagi teman sejawat alumni gizi yang mungkin terpisahkan oleh ruang, jarak dan waktu pada tugas yang berbeda-beda. Para alumni berasal dari berbagai angkatan mulai dari lulusan tahun 1995-2011. Kegiatan dipusatkan selama 1 hari dari pagi hingga sore hari dan berlokasi di BPTK (Balai Pelatihan Tenaga Kesehatan) Mataram yang dulu lebih dikenal sebagai Bapelkes.

Tampak hadir dalam acara pembukaan Pudir III Poltekkes Kemenkes Mataram (Erlin Yustin Tatontos, SKM, M.Kes) yang mewakili Direktur, Ketua Jurusan Gizi (Irianto, SKM, M.Kes), Kabid Kesmas (Khairul Anwar, SKM, M.Kes), Ketua DPD Persagi NTB (Taufiq HS, SKM) dan beberapa tamu undangan lainnya. Acara diawali dengan seminar gizi dengan menampilkan 3 orang pembicara yaitu pertama dari Ketua Jurusan Gizi dengan thema “Menakar  Eksistensi Lulusan Gizi dan Kesiapan SDM Menghadapi tantangan MDG’s”. Sedangkan 2 pembicara yang lain merupakan lulusan Angk 1 dan 3 (alumni gizi tahun 1995 dan 1997) masing masing menyampaikan thema “Peran Serta Tenaga Gizi dalam Percepatan Gerakan 1000 hari menuju NTB Bersaing dan Indonesia Prima”oleh H. Sastrawan, SKM,MHA/Konsultan NICE Project Kab Lotengdan“Keunggulan Lulusan Gizi dalam Menghadapi Dunia Kerja saat ini dan akan Datang“ oleh Supratman, SKM yang saat ini bekerja sebagai Manajer PT Kalbe Nutritionals area Kalbar.

Berbagai pertanyaan dan pandangan mengemuka dalam diskusi yang dipandu oleh Taufiqurrahman, SKM, MPH (Koord II Bid Kemahasiswaan Jur Gizi) ini. Pada intinya tantangan bagi para lulusan gizi akan semakin berat berdasarkan hasil maupun indikator kesehatan yang telah dicapai khususnya masalah gizi di Prov NTB yang termuat dalam Riskesdas 2010 dan beberapa data pendukung lainnya. Banyak PR (Pekerjaan Rumah) yang masih harus diselesaikan oleh tenaga gizi di berbagai tingkat mulai puskesmas, kabupaten maupun provinsi.

H Sastrawan

Ketua alumni gizi

Acara berikutnya adalah Mubes (Musyawarah Besar I) dengan agenda tunggal pemilihan ketua alumni gizi untuk periode pertama. Berdasarkan aspirasi yang dijaring dan memperoleh suara terbanyak dari para peserta saat menjelang Mubes akhirnya terpilih H Sastrawan, SKM, MHA sebagai Ketua Alumni Gizi periode I. Di tangan alumni gizi Mataram angkatan pertama dan merupakan jebolan sebuah universitas ternama di Australia ini diharapkan tersusun kepengurusan yang mampu membawa organisasi alumni gizi ini lebih berkiprah khusunya di wilayah NTB. Dalam sambutan singkatnya konsultan NICE Project Kab Lombok Tengah ini mohon dukungan seluruh alumni untuk ikut membawa perubahan khususnya dalam bidang gizi dengan mengambil peran secara lebih aktif sebagaimana komitmen yang telah dituangkan dalam sebuah poster/baliho pada saat acara berlangsung dan telah ditandatangani oleh seluruh peserta yang hadir.Congrat P Haji….!

Setelah jeda waktu untuk istirahat, sholat dan makan (Ishoma) acara hiburanpun digelar. Diawali paduan suara para mahasiswa Jurusan Gizi Tk I dan II, dancing, parodi kreatif dan penampilan “Nol Band” yang merupakan perform dari para dosen serta band yang berasal dari mahasiswa maupun lulusan. Gelak tawa gembira mengiringi panggung hiburan yang kesemuanya melibatkan lulusan gizi ini. Jadi sesungguhnya bukan hanya pandai recall, penyuluhan di Posyandu atau RS saja tapi ternyata tersimpan bakat-bakat lain yang terpendam bagi para alumni dan mahasiswa gizi ini.

alumni

Lulusan I dan II

Setelah sesi foto bersama untuk beberapa angkatan (2-3 angkatan) maka acarapun berakhir dengan membawa berjuta kenangan. Ada sedikit rasa kehilangan terbersit di hati saat berpisah yang ditandai dengan cipika cipiki dan sebentar lagi harus kembali ke daerah yang tentu saja akan dihadapkan pada tugas rutin masing-masing. Moment yang begitu berharga hari itu semoga dapat berulang di tahun berikutnya dengan format dan kegiatan lebih menarik tentunya…

1 Response so far »

  1. 1

    endah said,

    allhambulillah, ayik ya pak terbaca acaranya. walaupun g hadir kita2 yang dibima jadi tau ni berita2 yang ada.kita dukung pak blog ini TETAP SUKSES buat Perbaikan gizi NTB, By Endah 2005


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: