Anak Melepeh Bukan Berarti Tak Doyan Makan

Banyak cara dilakukan anak untuk menolak setiap makanan yang disodorkan. Salah satunya adalah melepeh atau memuntahkan makanan yang sudah masuk ke mulutnya. Jangan langsung menyerah, aksi melepeh makanan tak selalu karena mereka tak doyan makan.

Menurut Ayu Anggraeni Dyah Purbasari, ahli gizi, anak melepeh makanan bisa jadi karena mereka sedang belajar makan serta mengorganisasikan makanan di mulut. Karena itu menurut dia orangtua tak perlu khawatir dengan cepat-cepat mengganti menu baru, bingung, atau mengancam anak.

Melepeh makanan termasuk dalam proses belajar makan anak. Anak melepeh kemungkinan karena belum terbiasa mengunyah makanan, gigi belum tumbuh sempurna, atau lidah belum terbiasa dengan rasa makanan baru.

“Orangtua perlu mengenali penyebabnya dengan mencoba lagi menyuap atau memberi contoh ke anak. Misalnya, anak tidak tahu makanan harus ditelan. Jadi ibu harus beri contoh bagaimana mengunyah dan menelan makanan agar ditiru,” ujar ahli gizi dari Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Jakarta II ini.

Selain mengajarkan bagaimana proses mengunyah dan menelan makanan, orangtua perlu menciptakan saat makan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Menurut Anggraeni, orangtua  sebaiknya tidak membiasakan memberi hadiah dan hukuman pada anak saat makan. Dikhawatirkan ke depan, anak mau makan hanya jika diberi sesuatu bukan berdasar kebutuhan dasar manusia.

Saran Anggraeni, orangtua lebih kreatif menyajikan menu makanan dengan penuh imajinasi. Lakukan pula variasi menu makan sehingga anak tidak bosan. Orangtua juga dapat menggunakan alat makan kesukaan anak dan biarkan mereka memilih sendiri alat makannya saat membeli.

http://health.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: