Konsumsi Susu Tak Bikin Gemuk

Susu merupakan bahan pangan terlengkap karena mengandung semua zat gizi pembangun tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, kalsium, zat besi, seng, dan lain-lain. Oleh karena itu, susu bukan hanya baik untuk anak-anak, tetapi juga orang dewasa.

Hanya saja, tak sedikit orang dewasa yang takut mengonsumsi susu lantaran alasan takut gemuk. Padahal menurut dr Fiastuti Witjaksono, SpGK, pakar gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), rutin mengonsumsi susu tidak akan membuat gemuk.

“Yang membuat gemuk itu kalau terlalu banyak mengasup kalori, bukan karena konsumsi susunya,” ungkapnya dalam sebuah diskusi kesehatan Selasa (17/9/2013) di Jakarta.

Susu, imbuhnya, memang mengandung kalori, begitu pula makanan lain. Namun, kalori pada susu maupun makanan lain tidak akan sampai mengakibatkan kegemukan jika diimbangi dengan pembakaran.

Pembakaran dapat dilakukan dengan olahraga ataupun melakukan aktivitas fisik yang cukup untuk membakar kalori masuk. Misalnya satu gelas susu mengandung 122 kalori. Untuk membakarnya, kita perlu melakukan aktivitas fisik seperti berjalan cepat selama 25 menit.

Faktanya, orang Indonesia masih kurang mengonsumsi susu. Fiastuti menyampaikan, orang Indonesia rata-rata baru mengonsumsi satu gelas susu per minggu, atau sekitar 52 gelas per tahun. Padahal, menurutnya, jumlah yang direkomendasikan adalah satu hingga dua gelas per hari.

“Susu mengandung banyak keunggulan yang menyempurnakan pemenuhan gizi sehari-hari,” tandasnya.

http://health.kompas.com

1 Response so far »

  1. 1

    Istanamurah said,

    benar sekali bahwa indonesia dan masyaraktnya jarang minum susu, dan yang banyak itu biasanya kopi pak,


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: