Bakti Sosial

poskoDalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada 25 Januari 2014 ini  dan sebagai bagian dari organisasi profesi yang peduli terhadap terjadinya berbagai bencana di tanah air maka pada hari Senin, tanggal  27 Januari 2014 kemarin telah dilaksanakan kegiatan bhakti sosial. Kegiatan sosial organisasi yang telah berdiri sejak 54 tahun lalu itu berupa penggalangan dana dan mengunjungi korban bencana banjir bandang di wilayah Kecamatan Sambelia Lombok Timur sekaligus meringankan beban bagi para korban berupa pemberian sembako dan santunan berupa uang tunai.

puskesmas sambeliaKegiatan ini terlaksana atas prakarsa DPC Persagi Lombok Timur dan didukung oleh DPD Persagi Prov NTB serta Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Mataram. Kegiatan dimulai dari penggalangan dana peduli Sambalia yang telah dilaksanakan pada saat diadakaannya Seminar Gizi di Gedung Sangkareang Hari Sabtu 25 Januari 2014 yang lalu. Dari dana yang terkumpul selanjutnya sesuai rencana semula maka dana tersebut akan segera disalurkan kepada korban.

DPD Prov NTB 1Sebelum menuju lokasi bencana banjir bandang, rombongan berangkat dari Mataram yang terdiri 1 mobil dari Dikes Provinsi NTB dan 1 mobil dari Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Mataram. Dari Dikes Provinsi NTB antara lain Taufik Hari Suryanto, SKM (Ketua DPD Persagi Prov NTB), Ibu Mustika Hidayati, SKM, M.Kes (Sekretaris DPD Persagi NTB), Solikin, SKM, MPH, Made Armeini Sedana Putri, SKM dan Baiq Winarti (Bendahara Persagi Prov NTB). Untuk rombongan dari Jurusan Gizi antara lain Irianto, SKM, M.Kes (Ketua Jurusan Gizi), I Ketut Swirya Jaya, SKM, M.Erg (Ketua Prodi D III Gizi), Susilo Wirawan, SKM, MPH dan Yuli Laraeni, SKM, MPH

persagi LotimSementara beberapa rombongan yang berasal dari DPC Persagi Lombok Timur telah menunggu di Puskesmas Sambelia antara lain Ka. DPC Persagi Lotim (Ibrahim, SKM), Suherman, SKM (salah seorang Kabid di Dikes Lotim), Sugiyono, SKM dan P Munggah (sesepuh Persagi Lotim atau emang sudah sepuh yaa…buktinya rambutnya dah putih tu….) dan lain-lain yang “terlalu” banyak kalau disebutkan di sini satu persatu , sungguh terla..lu… (kata Bang Haji Rhoma)

 

kecamatanSetelah berkumpul untuk merencanakan kegiatan hari itu maka seluruh rombongan segera menuju Kantor Camat Sambelia untuk menyerahkan sebagian bantuan yang dibawa oleh rombongan dan sebagian lainnya diserahkan langsung kepada para korban. Satu persatu bantuan diturunkan dari mobil pembawa sembako. Beberapa anggota DPC Persagi Lotim baik yang yunior (muda) maupun senior (bukannya Senang Istri Orang lo..heee…hee) tak terkecuali  yang telah menduduki jabatan sebagai Ka. Puskesmas maupun Ka subag TU Puskesmas ikut ambil bagian menurunkan sembako dari mobil. Indahnya kebersamaan inilah yang sesungguhnya terjadi di organisasi profesi ini.

anto dan camatBantuan diterima langsung oleh Camat Sambelia berupa  mie instan, telur dan uang tunai. Masing-masing diserahkan oleh Ketua DPD Persagi Prov NTB (Taufiq Hari Suryanto, SKM), Ketua DPC Persagi Lotim (Ibrahim, SKM) dan Ka Jurusan Gizi (Irianto, SKM, M.Kes). Setelah berfoto bersama sejenak selanjutnya rombongan menuju lokasi bencana untuk melihat dari dekat korban dan wilayah yang tersapu banjir bandang. Kegiatan kunjungan dipandu langsung oleh H. Jabaruddin (Kasubag TU Puskesmas Sambelia) yang sekaligus anggota DPC Persagi Lombok Timur.

peduli sambelia 2Kurang lebih 15 menit kemudian rombongan sampai di daerah pesisir pantai tepatnya di Dusun Kokok Pedik. Sebanyak 4 rumah dan sebuah musholla telah rata dengan tanah tidak sanggup menahan hebatnya terjangan banjir bandang kiriman dari lereng Rinjani. Beberapa KK bahkan harus kehilangan tempat tinggal dan ratusan jiwa sempat mengungsi di sanak keluarga terdekat. Beruntung di kejadian bencana tersebut tidak sampai menelan korban jiwa.

anak korban bencanaBeberapa anggota Persagi segera menghampiri dan dalam acara yang dikemas sederhana tersebut diserahkan kembali bantuan dari rombongan. Tampak wajah-wajah sedih saat rombongan Persagi datang berkunjung, mulai tersungging senyuman saat bantuan telah diserahkan. Bahkan beberapa anak para korban minta diajak untuk berfoto bersama dengan rombongan.

anggot persagi lotimSetelah diberikan penjelasan seperlunya dari Ketua RT Kokok Pedik rombongan berpamitan dan selanjutnya beristirahat sambil menikmati makan siang yang telah disiapkan di pantai yang tidak jauh dari lokasi bencana. Canda tawa kembali menghiasi kebersamaan para anggota Persagi sekaligus silaturahmi dan kangen-kangenan setelah beberapa saat tidak sempat bertemu. Sukses selalu Hari Gizi Nasional…. Sukses Persagi kita semua….   

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    Baiq Winarti said,

    Asslamualaikum pak..Hari Gizi Nasional jatuh pada 25 Januari..bukan 25 Juli..hehe..salah bulan bapak..
    Semoga PERSAGi tetap eksis dan jaya..Sukes PERSAGI sukses kita semua..aamiin…

    Oh ya TK wiwin. Itu dah diperbaiki…admin

  2. 2

    Istanamurah said,

    Sangat mendukung sekali acara ini Gan!! selama itu untuk sosial ane sangat mendukung, bagus sekali!!


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: