Peringatan HGN ke-55

pengurusDalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh di setiap tanggal 25 Januari ini dan sebagai salah satu bentuk keikutsertaan dalam Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi, maka pada Hari Minggu 25 Januari 2015 diadakan kegiatan pelayanan gizi gratis bagi masyarakat. Kegiatan yang merupakan bentuk kerja sama antara DPD Persagi NTB, Dinas Kesehatan Prov. NTB dan Jurusan Gizi Poltekkes Mataram tersebut dikemas cukup meriah dengan diawali senam jantung sehat dilanjutkan dengan konseling gizi bagi masyarakat yang membutuhkan. Acara yang diselenggarakan di Lapangan Monumen Gora Jalan Udayana yang bertepatan dengan “Car Free Day” ini sekaligus bertujuan untuk ajang silaturahmi berkumpulnya tenaga kesehatan di bidang gizi yang ada di NTB.

senam bersamaTampak hadir pada acara tersebut Ka. Dinas Kesehatan Prov. NTB (drg. Eka Junaidi) dan beberapa pejabat di lingkungan Dikes Prov NTB, Ketua DPD Persagi NTB (Taufiq HS, SKM) dan seluruh pengurus, Ketua Jurusan Gizi ( I Ketut Swirya Jaya, SKM, M.Erg), seluruh dosen dan mahasiswa Jurusan Gizi, Kepala Instalasi Gizi RSU Pov NTB dan staf, tenaga gizi di Dikes Kab/Kota, Puskesmas, Rumah Sakit serta masyarakat di lingkungan sekitar. Acara yang dimulai pukul 06.30 WITA ini diawali dengan senam Jantung bersama yang diikuti seluruh peserta dengan dipandu instruktur senam (Ibu Budi Hastuti Yani) dari RSU Prov NTB. Seusai senam jantung sehat dilanjutkan senam aerobik, senam hiburan “Goyang Dumang” dan “Sakitnya Tuh di Sini” yang saat ini begitu populer dan akrab di telinga para peserta senam.

opik tiup lilinDengan antusias peserta mengikuti gerakan yang diperagakan para instruktur senam. Gelak, canda dan tawa mewarnai peserta ketika salah seorang instruktur membawakan gerakan-gerakan senam yang begitu menggoda dan sedikit “melambai”. Setelah cukup lelah dengan gerakan senam diperagakan instruktur dan diikuti para peserta, kegiatan dilanjutkan dengan acara inti Peringatan HGN ke 55 berupa pemotongan tumpeng dan tiup lilin bersama antara Ka Dikes, Kabid Binkesmas dan Ketua Persagi NTB. Pada saat yang bersamaan dilakukan tiup lilin yang kedua kalinya karena Sang Ketua Persagi P Opik (demikian biasa disapa) juga ternyata sedang berulang tahun ke 45. Sambil menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun ditiuplah lilin sebagai simbol bertambahnya umur satu tahun (sesungguhnya berkurang yaaa…..) bagi Ka Sie Gizi di Dikes NTB tersebut. Selanjutnya dilakukan pemotongan kue oleh Ka Dinas Kesehatan, Ketua Persagi untuk dibagikan pada peserta dan anak-anak yang ada di lingkungan sekitar.

hadiah 1Setelah berakhirnya acara seremonial HGN ke 55 untuk memeriahkan acara dibagikan berbagai macam door prize bagi peserta yang beruntung dengan cara menjawab pertanyaan yang diajukan oleh panitia. Soal-soal yang diberikan adalah seputar ilmu gizi sekaligus upaya untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan para peserta. Para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan alumni yang telah banyak bekerja di Puskesmas maupun rumah sakit begitu antusias menjawab pertanyaan dengan harapan mendapatkan hadiah yang telah disediakan panitia.

konselor RSUPada saat yang bersamaan tepatnya di tenda laktasi (milik Dikes Prov) di samping lapangan diberikan pula pelayanan dan konsultasi gizi bagi masyarakat yang membutuhkan yang kebetulan hadir pada moment “Car Free Day“ tersebut. Pengunjung dapat memanfaatkan tenda laktasi bagi ibu-ibu yang ingin memberikan ASI bagi bayinya dan bagi pengunjung dapat pula mengetahui gambaran status gizinya dengan memanfaatkan konselor gizi yang telah ditunjuk dan telah berpengalaman dari RSU Prov NTB. Pengunjung dapat menanyakan tentang informasi tentang gizi, jenis jenis diet dan terapi diit bagi yang menderita penyakit tertentu.

duta 1Selain konsultasi gizi diberikan pula leaflet atau brosur-brosur kesehatan bagi pengunjung maupun stiker pengingat HGN ke 55 yang didistribusikan oleh sebanyak 5 (lima) orang duta gizi yang dipilih dari perwakilan mahasiswa Jurusan Gizi. Dengan penuh keramahan para pengunjung diarahkan para duta gizi menuju tenda pelayanan dan menentukan jenis layanan yang ingin diperoleh. Semua pelayanan yang diberikan tanpa dikenakan biaya sama sekali (gratis) sebagai bagian kiprah ahli gizi di dalam mengabdikan ilmu dan pengetahuannya bagi masyarakat.

konsultasi1Kegiatan yang diakhiri pukul 09.00 WITA ini sengaja dilakukan bertujuan untuk memberikan pelayanan gizi kepada masyarakat dalam rangka membangun kesadaran tentang arti pentingnya Sektor Gizi dan Kesehatan dalam Pembangunan Nasional. Selain itu sekaligus sebagai upaya untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat, cerdas dan produktif sebagaimana tema HGN ke-55 ini “Bersama membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat dan Berprestasi”

Kegiatan HGN masih akan dilanjutkan dengan kegiatan bersama di halaman Kantor Gubernur Prov NTB yang sedianya akan dilaksanakan pada Hari Jumat, 30 Januari 2015 bersamaan dengan peringatan hari TB dan Kanker Sedunia. Semoga kiprah para ahli gizi khususnya di Provinsi NTB ini senantiasa bermanfaat bagii masyarakatnya. Amiieennn…. (SW)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: