Peringatan HGN ke-56

konselingDalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh di setiap tanggal 25 Januari ini dan sebagai salah satu bentuk keikutsertaan dalam Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi, maka pada Hari Minggu 24 Januari 2016 diadakan kegiatan konseling bagi ibu hamil dan pembagian stiker HGN ke 56 bagi warga masyarakat Kota Mataram. Kegiatan yang merupakan bentuk kerja sama antara DPD Persagi NTB, Dinas Kesehatan Prov. NTB dan Jurusan Gizi Poltekkes Mataram tersebut dikemas santai dan cukup sederhana. Acara yang diselenggarakan di Jalan Udayana ini bertepatan dengan “Car Free Day (CFD)” dengan tujuan sebagai ajang silaturahmi berkumpulnya tenaga kesehatan di bidang gizi yang ada di NTB.

Dir dan KajurTampak hadir pada acara tersebut Ka. Dinas Kesehatan Prov. NTB (drg. Eka Junaidi) dan beberapa pejabat di lingkungan Dikes Prov NTB, Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (H Awan Dramawan, S.Pd, M.Kes), Ketua DPD Persagi NTB (Taufiq HS, SKM) dan seluruh pengurus, Ketua Jurusan Gizi ( I Ketut Swirya Jaya, SKM, M.Erg), dosen dan mahasiswa Jurusan Gizi, Petugas gizi di Instalasi Gizi RSU Pov NTB, tenaga gizi di Dikes Kab/Kota, Puskesmas, Rumah Sakit serta masyarakat di lingkungan sekitar.

Ka DikesDalam kegiatan konseling bagi ibu-ibu hamil yang mengikuti CFD dan selalu rutin digelar di Jalan Udayan tersebut DPD Persagi NTB bekerja sama pula dengan komunitas peduli ASI dalam program “ASI for Baby NTB”. Beberapa ibu hamil selain mendapatkan konseling ASI gratis dari petugas sebagai tanda kasih diberikan pula door prize dari Bank NTB. Bingkisan dari pihak sponsor ini diserahkan langsung oleh Ka Dikes Prov NTB. Dengan senyum mengembang ibu-ibu hamil yang telah mendapatkan konseling menyempatkan diri untuk berfoto bersama Ka Dikes yang berlatar belakang dokter gigi tersebut.

mhs dan P KetutSelain konseling gizi program kegiatan HGN ke 56 tahun ini dibagikan pula berbagai stiker pengingat kepada pengunjung CFD yang melintas dengan sub tema “Percepatan Perbaikan Gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan “. Dalam pembagian stiker ini selain para anggota Persagi NTB ikut dilibatkan pula para mahasiswa Jurusan Gizi. Dalam sekejap stiker yang telah disiapkan panitia langsung ludes tak bersisa.

Lombok PostUntuk lebih memperluas jangkauan dan kiprah para ahli gizi di Prov NTB dalam menyemarakkan HGN tahun ini dilakukan pula publikasi melalui media cetak (Koran Lombok Post) dan dialog Interaktif di Radio Lombok Post FM oleh Ketua DPD Persagi NTB. Semua pembahasan tidak akan jauh dari tema utama HGN tahun 2016 ini.

Dir dan MhsKegiatan yang diakhiri pukul 09.00 WITA ini sengaja dilakukan bertujuan untuk memberikan advokasi dan pelayanan gizi kepada masyarakat dalam rangka membangun kesadaran tentang arti pentingnya Sektor Gizi dan Kesehatan dalam Pembangunan Nasional. Selain itu sekaligus sebagai upaya untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat, cerdas dan produktif sebagaimana tema HGN ke-56 yang tidak jauh berbeda dengan tema tahun lalu yaitu “Bersama membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat dan Berprestasi”

KomunitasKegiatan HGN tahun ini masih akan dilanjutkan dengan kegiatan gizi lainnya di halaman pusat perbelanjaan Lombok Epicentrum Mall (LEM) yang sedianya akan dilaksanakan pada Hari Minggu, 31 Januari 2016. Kegiatan tersebut dipilih mengingat program kegiatan HGN bersamaan dengan kegiatan senam bersama yang selalu rutin diselenggarakan di pusat perbelanjaan terbesar di Prov. NTB tersebut. Semoga kiprah para ahli gizi khususnya di Provinsi NTB ini senantiasa bermanfaat bagi masyarakatnya. Amiieennn…. (SW)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: