Senam bersama di Epicentrum

peserta senamMasih dalam rangkaian Hari Gizi Nasional (HGN) ke 56 Hari Minggu, tanggal 31 Januari 2016 kemarin dilaksanakan senam bersama di halaman parkir timur Lombok Epicentrum Mall (LEM) Mataram. Acara yang dirangkaikan bersamaan dengan kegiatan rutin para anggota Diabetisi Kota Mataram tersebut tampak dihadiri oleh pejabat di lingkungan Dinas Kesehatan Prov NTB, Ketua Persagi Prov NTB (Taufik HS, SKM), Ketua Jurusan Gizi (I Ketut Swirya Jaya, SKM, M.Erg), Ketua FKPPI Kota Mataram, para anggota DPD Persagi Prov NTB dan DPC di Kab/Kota, perwakilan sponsor, para mahasiswa Jurusan Gizi dan masyarakat sekitar Mataram.

BudarjaAcara yang dilaksanakan di salah satu mall terbesar di NTB ini merupakan bentuk kerja sama DPD Persagi NTB dengan Yayasan Jantung Sehat (YJS) Mataram, Poltekkes Kemenkes Mataram, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) NTB serta didukung sepenuhnya oleh LEM dan Bank NTB. Senam bersama yang dilaksanakan pada pukul 06.00 WITA ini memperagakan gerakan senam jantung sehat bagi para lansia, senam aerobik dan senam hiburan dari beberapa lagu yang tengah populer saat ini. Dengan penuh semangat para peserta mengiringi gerakan senam yang diperagakan oleh para instruktur.

MiminSaat para peserta lain melanjutkan kegiatan senam, para anggota Persadia Diabetisi NTB mendapatkan konsultasi gizi gratis dari para konselor yang telah ditunjuk oleh panitia HGN ke 56. Dia antaranya berasal dari RSU Prov NTB ( Ibu Nyoman Widharmini, SKM dkk), dan para dosen ahli gizi dari Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Mataram ( Ibu AASP Chandradewi, SKM, M.Kes dkk).

AntropometriSecara pribadi para lansia anggota diabetisi juga mendapatkan pemahaman dari para konselor tentang makanan yang dibolehkan dan dilarang bagi lansia di usianya. Dilakukan pula pengukuran antropometri berupa Tinggi Badan (TB) dan Berat Badan (BB). Dengan bebas komunitas lansia di bawah asuhan dr. IGAR Astarini, M.Kes ini mengkonsultasikan masalah gizi dan kesehatan yang dialaminya.

ChandraSebagai bentuk kepedulian anggota Persagi NTB kepada lansia diserahkan pula leaflet gizi, stiker HGN 65 serta tanda kasih (bingkisan) yang merupakan sumbangan dari para anggota Persagi maupun yang berasal dari pihak sponsor.

UtamaSeusai acara senam dilanjutkan dengan acara istirahat dengan diberikannya door prize bagi peserta yang beruntung. Dipandu oleh MC yaitu Ibu Mustika Hidayati, SKM, Mkes dari DPD Persagi NTB dan Made Utama, SKM, M.Kes perwakilan dari FKPPI pembagian hadiah berlangsung meriah. Puluhan door prize dibagikan dengan terlebih dahulu dilakukan pengundian nomor peserta yang beruntung. Selain itu beberapa door prize dibagikan pula dengan cara menjawab pertanyaan dari ibu ahli gizi yang menjabat sebagai Sekretaris DPD Persagi NTB ini.

mahasiswaKegiatan yang diakhiri pukul 08.30 WITA ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya para lansia yang ikut serta di dalam kegiatan senam bersama di LEM Mataram dan sekitarnya. Selain itu sekaligus sebagai upaya sosialisasi keberadaan Persagi NTB dan lebih meningkatkan kiprahnya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan arti pentingnya gizi dan kesehatan. Semoga HGN ke 56 tahun dan kiprah anggota Persagi ini membawa manfaat bagi masyarakatnya. Amiien SW

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: