GILI COVID 19 DPC PERSAGI MATARAM

Menindaklanjuti perkembangan situasi dan kondisi kasus Corona (Covid 19) yang makin mengkawatirkan dimana penanggulangannya  memerlukan keterlibatan berbagai pihak termasuk kita sebagai Organisasi Profesi (PERSAGI) maka pada tanggal 16 dan 17 April 2020 pengurus DPC Persagi Kota Mataram melaksanakan kegiatan GILI (Gizi Peduli) Covid 19 berupa penyerahan bantuan makanan dan minuman penambah stamina tubuh bagi tenaga kesehatan  baik di rumah sakit maupun di Puskesmas se wilayah Kota Mataram.

Bantuan yang diberikan bertujuan terutama  untuk memberikan dukungan (support) bagi rekan sejawat medis dan paramedis tak terkecuali tenaga gizi yang memberikan pelayanan baik langsung maupun tidak langsung di lapangan bagi penderita Covid 19. Bentuk bantuan yang didistribusikan berupa parcel buah dan minuman susu UHT, sari buah dan sari kacang hijau.

Persiapan dan pembagian paket-paket bantuan dilakukan di Dinas Kesehatan Kota Mataram oleh pengurus dan anggota DPC Persagi Kota Mataram di bawah koordinasi Ibu Yuni Hardini A.Md Gz dkk. Distribusi paket bantuan diserahkan oleh Pengurus DPC Persagi Kota Mataram di antaranya Dewan Pembina (HM. Carnoto, SKM, MM) yang didampingi oleh Sekretaris (I Wayan Widiarta, A. Md Gizi), Bendahara (Yuni Hardini, A.Md.Gz) dan I Gede Yasa, SKM.

Pemberian paket bantuan diawali dengan tujuan RSUD Provinsi NTB yang diterima oleh Ka Sie Perencanaan dan Pengembangan Keperawatan (Ibu Anna Indriani, S.Kep NS). Selanjutnya paket bantuan bagi tenaga kesehatan diberikan ke  RSUD Kota Mataram yang diterima oleh Ka. Sie Humas (HL Hardimun, S.Sos) yang didampingi oleh Ka Instalasi gizi. 

Untuk paket bantuan yang diberikan bagi  UPTD Laboratorium Dikes Kota Mataram diterima oleh Kepala UPTD Laboratorium, untuk Dikes Kota Mataram diterima oleh Koordinator tim penanggulangan Covid 19 Kota Mataram, sedangkan bagi seluruh puskesmas di  Kota Mataram diterima oleh Kepala Puskesmas masing-masing.

Dalam pesan singkatnya Dewan Pembina DPC Persagi Kota Mataram (HM. Carnoto, SKM, MM) yang juga merupakan salah satu Ka Bidang di Dinas Kesehatan Kota Mataram berpesan agar bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat bagi seluruh tenaga kesehatan. Sekalipun nilainya kecil  jika diukur secara materi namun P To (sapaan akrabnya..) berharap dapat meringankan beban bagi tenaga kesehatan di garda terdepan penanganan covid 19. “Ini merupakan bentuk kepedulian dan merupakan sumbangsih yang diberikan oleh para ahli gizi di Kota Mataram sebagai keikutsertaan dalam “perang” melawan Covid 19 yang telah ditetapkan WHO sebagai pandemi dan meluas ke hampir seluruh negara di dunia. Mudah-mudahan bencana kesehatan ini segera berakhir dan kita mampu melaluinya” pungkasnya.

Tinggalkan komentar